Cara Melindungi Kulit dari Sinar Matahari dengan Bahan Alami

By On Friday, November 3rd, 2017 Categories : Cara

Cara Melindungi Kulit dari Sinar Matahari dengan Bahan AlamiCara Melindungi Kulit dari Sinar Matahari dengan Bahan Alami – Sunburn adalah kondisi umum di hari-hari musim panas karena radiasi sinar ultraviolet matahari. Anda dapat menerapkan salah satu metode berikut untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Bila kulit langsung terkena sinar matahari selama 2 sampai 6 jam, akan ada kemerahan dan terbakar. Hal ini karena kulit tidak menghasilkan cukup melanin untuk melindungi kulit dari efek berbahaya dari UV. Jika Anda ingin melindungi kulit dari sengatan matahari, Anda bisa mencobannya dengan cara berikut:

  • Gunakan air es

Saat terbakar sinar matahari, es batu atau air dingin adalah metode yang sederhana namun efektif. Gunakan handuk yang direndam dalam air es sekitar 15-20 derajat celcius dan oleskan area yang terkena sengatan matahari untuk menenangkan kulit. Selain itu, jika kulit tubuh terbakar, rendam dalam air dingin selama 15 menit akan membantu mengurangi peradangan, kemerahan, radang, serta pembengkakan.

  • Gunakan mentimun

Mentimun mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa menenangkan kulit dan membakar kulit terbakar dengan sangat baik. Bahan ringan dalam mentimun juga membantu memperbaiki warna kulit yang terbakar matahari jika Anda menggunakannya secara teratur. Temukan mentimun dan iriskan masing-masing penutup tipis pada sengatan matahari sampai timun layu. Mentimun membantu Anda menyuplai air ke kulit dan mengurangi iritasi dan mencegah kulit terinfeksi.

  • Madu

Madu bersifat anti bakteri dan anti radang, sehingga bisa mengurangi rasa sakit dan iritasi pada sengatan matahari. Selain itu, esensi alami dalam madu juga menghilangkan sengatan matahari dan meregenerasi sel kulit baru, memulihkan kulit yang rusak dengan sangat baik. Gunakan madu secukupnya secara langsung pada kulit selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin. Ulangi beberapa kali untuk melihat peningkatan yang nyata pada kulit.

  • Gunakan yoghurt

Yogurt mengandung asam laktat dan mineral yang bermanfaat bagi kulit, sehingga akan memberikan nutrisi penting untuk menghilangkan rasa gatal dan membantu mengembalikan kulit setelah terbakar sinar matahari. Cukup oleskan yogurt dingin di atas area yang terkena radiasi matahari dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Selain itu, Anda bisa mengombinasikan mentimun, kentang atau madu untuk membentuk masker tabir surya untuk kulit agar membantu menduplikat efeknya.

  • Gunakan teh hijau

Sifat anti oksidan teh hijau tidak hanya anti penuaan, kanker kulit, tapi juga bisa mengatasi sengatan sinar matahari dengan cepat. Tannin dalam teh hijau juga meminimalkan pembakaran kulit yang terbakar matahari, sementara pada saat bersamaan mencegah peradangan kulit dan menghilangkan pigmentasi pada kulit, membantu mencerahkan kembali kulit. Anda bisa memasak teh hijau untuk mandi harian atau teh hijau dalam semprotan untuk disemprotkan pada kulit yang terbakar sinar matahari.

Selain mengoleskan sunburn di atas, Anda harus ingat untuk menggunakan pelembab untuk mencegah kulit mengelupas dan mengering setelah terbakar sinar matahari. Menambahkan vitamin E, minyak zaitun, minyak kelapa, minyak jojoba ke kulit juga membantu daerah sengatan matahari untuk memperbaiki dan mengembalikan kondisi kulit yang terbaik. Temukan Info dan Cara Cek lainnya di Caracekterupdate.com