4 Cara Mencegah Jerawat di Bawah Kulit dengan Efektip

By On Monday, November 13th, 2017 Categories : Cara

Cara Mencegah Jerawat di Bawah KulitCara Mencegah Jerawat di Bawah Kulit dengan Efektip – Jerawat di bawah kulit adalah salah satu jenis jerawat yang paling sulit untuk disembuhkan. Jerawat jenis ini bisa tumbuh bergerombol atau terpisah. Berikut beberapa tips merawat jerawat di bawah kulit dengan efektif.

1. Bagaimana perkembangan jerawat?

Pori-pori kecil di kulit terhubung dengan kelenjar minyak. Kelenjar minyak menghasilkan minyak yang biasa kita sebut sebum. Pada titik ini, minyak memindahkan sel kulit mati ke permukaan kulit, saat rambut tipis tumbuh dan melewati bagian pori-pori sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat, maka jerawat akan tumbuh.

Selain itu, saat jerawat pecah dengan kotoran luar, bakteri menyerang karena tidak ada metode perlindungan kulit sehingga menyebabkan jerawat semakin parah.

2. Pelajari penyebab utama jerawat yang tersembunyi di bawah kulit

  • Pertumbuhan hormonal selama masa puber
  • Perubahan dan gangguan hormon selama kehamilan
  • Mulai atau berhenti penggunaan pil KB
  • Radang kulit, sel darah putih akan bekerja untuk melawan perubahan keadaan, bisa membentuk lateks, lalu berkembang menjadi jerawat yang berbahaya.
  • Kulit berminyak berlebih, dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan menjadi lingkungan yang ideal untuk bakteri menyerang, sehingga menyebabkan kulit berjerawat.
  • Sebum memainkan peran penting dalam melindungi dari faktor eksternal, membantu menyeimbangkan kelembaban kulit. Bila sebum tersumbat, tidak bisa mencapai permukaan kulit, kulit dioksidasi dan berangsur-angsur menjadi hitam dan menyebabkan jerawat.
  • Minyak dan lemak makanan berlebih, makanan olahan siap saji, juga dapat membuat lebih banyak jerawat.

Perlakukan jerawat di bawah kulit dengan membatasi asupan lemak tinggi

Produk kosmetik kaya minyak yang membebani permukaan kulit, menyumbat pori-pori, bakteri juga bisa tumbuh menjadi jauh di dalam kulit Anda, menyebabkan lebih banyak jerawat tersembunyi di bawah kulit.

3. Kesalahan yang harus dihindari saat merawat jerawat tersembunyi di bawah kulit

  • Peregangan kulit pada posisi apapun pada kulit akan meningkatkan kemungkinan infeksi, memungkinkan bakteri bekerja lebih kuat, menembus jauh ke dalam kulit dan juga daerah sekitarnya. Selain itu, jerawat akan menyebabkan rasa sakit, kerusakan kulit, ini juga penyebab bekas luka dalam.
  • Gunakan air panas untuk mencuci muka: wajah yang sangat tipis, jika menggunakan air panas untuk mencuci muka Anda akan menyebabkan kulit kemerahan dan melepuh secepat dehidrasi, kelembaban tidak dijaga dengan baik pembentukan jerawat.
  • Gunakan metode alami untuk mengobati jerawat: Ini akan membuat jerawat tumbuh lebih parah. Natural remedies hanya mengurangi atau meringankan jerawat. Jika Anda memiliki jerawat sebaiknya Anda tidak menggunakan obat alami, ada juga risiko alergi dan peradangan.

4. Masalah yang perlu diperhatikan dalam perawatan kulit berjerawat

  • Pembersihan kulit dan pijatan lembut: Anda harus menggunakan pembersih ringan di pagi dan sore hari. Hindari menggosok atau memijat terlalu lama pada wajah tidak hanya mengurangi jerawat tapi juga merangsangnya untuk tumbuh lebih banyak.
  • Mengubah kebiasaan menyentuh wajah Anda, terutama saat Anda meremas jerawat akan membuat bakteri memiliki kesempatan untuk tumbuh dengan cepat.
  • Bagi pria, pencukuran juga harus diperhatikan, hindari goresan saat bercukur, sabun atau metode cukur aman lainnya.
  • Perlu mengoleskan tabir surya sebelum keluar. Perawatan jerawat sebaiknya dihindari paparan sinar matahari secara langsung, paparan sinar matahari jauh lebih mudah untuk mengerutkan kulit, penuaan namun juga meningkatkan risiko kanker kulit.
  • Jika kulit kepala Anda, rambut adalah minyak, yang terbaik adalah mencuci rambut Anda secara teratur.

Demikianlah info 4 cara bagaimana Mencegah Jerawat di Bawah Kulit dengan Efektip, semoga dapat bermanfaat. Baca juga cara cek lainnya di cara cek terupdate